MANFAAT BUAH SEMANGKA BAGI KESEHATAN


Berikut ini adalah beberapa manfaat buah semangka yang perlu Anda ketahui.
1. Mencegah Asma
Manfaat semangka adalah buah ajaib untuk mencegah penyakit asma. Buah ini tidak menyembuhkan penyakit asma tapi hanya mencegah untuk tahap gejala atau penyakit pernafasan yang bisa menjadi asma. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah semangka secara efektif mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah gangguan pernafasan.
2. Menurunkan Tekanan Darah
Semangka ternyata juga sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Orang yang memiliki penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah semangka. Semangka memiliki efek yang sangat baik pada pembuluh darah dan mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang membuat semangka menjadi buah menyegarkan untuk penderita hipertensi.
3. Menangkal Kanker

Semangka menjadi buah yang memiliki sumber tinggi vitamin C dan zar licopen. Kedua macam zat ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas penyebab kanker. Manfaat semangka untuk kesehatan menjadi sumber antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk penderita kanker prostat dan beberapa jenis kanker lain.
4. Mengatasi Sembelit
Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.
5. Mencegah Dehidrasi
Dehidrasi adalah salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan Seorang Staff Bandara