Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Belimbing adalah buah-buahan yang berasal dari negara beriklim tropis. Berwarna kekuning-kuningan, belimbing terkenal sebagai buah yang memiliki rasa manis, asam, sekaligus menyegarkan. Tidak hanya memanjakan lidah, buah ini juga bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam 100 gram belimbing terdapat 31 kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan buah-buahan tropis lainnya. Berbagai nutrisi penting seperti antioksidan dan vitamin juga terkandung di dalamnya. 
1.Kesehatan pencernaan. 

Belimbing mampu memberikan pasokan serat makanan. Serat bagus untuk mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Serat juga bagus untuk membantu selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker usus terutama usus besar.

2.Mencegah kanker

Vitamin C yang besar dalam belimbing bagus untuk mencegah serangan gejala kanker. Vitamin C merupakan antioksidan alami yang banyak terdapat dalam belimbing. Dalam 100 gram belimbing terdapat sekitar 34,7 miligram atau sekitar 57 persen asupan vitamin C yang diperlukan tubuh setiap hari. Secara umum, buah-buahan yang kaya akan vitamin C bisa membantu tubuh untuk mengembangkan resistensi terhadap radikal bebas, agen infeksi, serta menjadi anti inflamasi untuk tubuh.

3.Melindungi diri dari infeksi. 

Belimbing kaya akan antioksidan bernama flavonoid polifenol yang mencapai 43 miligram per 100 gramnya. Senyawa ini bisa membantu tubuh melindungi diri dari infeksi serta melindungi dari efek kerusakan karena radikal bebas.

4.Meningkatkan kinerja enzim. 

Belimbing adalah buah-buahan yang mengandung vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat, serta piridoksin. Vitamin tersebut bisa berfungsi sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme.

5.Mengatasi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
 
Sejumlah elektrolit dan mineral dalam belimbing seperti fosfor, besi, seng, dan kalium bagus untuk mengatasi hipertensi. Kalium dalam belimbing bagus untuk mengendalikan denyut jantung serta hipertensi. Orang yang terkena hipertensi banyak yang bisa sembuh dengan terapi belimbing.

6.Manfaat belimbing untuk gangguan ginjal. 

Belimbing bisa dikonsumsi oleh orang yang mempunyai gangguan ginjal karena belimbing memiliki konsentrasi tinggi terhadap asam oksalat. Ilmuwan menganggap asam oksalat sebagai anti nutrisi karena bisa mengganggu metabolisme beberapa mineral alami seperti magnesium dan kalsium.

7. Manfaat belimbing untuk kecantikan. 

Tidak hanya untuk mengatasi masalah kesehatan, belimbing bisa dimanfaatkan untuk kecantikan. Buah ini sangat bagus untuk rambut rontok karena kaya akan antioksidan dan vitamin C. Selain itu, belimbing juga bisa dijadikan masker untuk kulit berjerawat atau kulit berminyak. 

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan Seorang Staff Bandara