Pekerjaan Seorang Staff Bandara

Airlines Staff atau Ground Handling Staff / Ground Staff adalah staf di sebuah maskapai penerbangan yang bertugas di darat dan memiliki beberapa tugas antara lain ground handling, cargo handling, dan ticketing. Selain profesi pramugari dan pramugara, ground staff adalah komponen penting dalam kegiatan operasional penerbangan sebuah maskapai. Bisa dikatakan, ground staff adalah pramugari dan pramugara maskapai selama di darat.
Lebih detil tugas-tugas Ground Staff adalah ia bertanggung jawab untuk membantu dan melayani penumpang pada saat proses penjualan ticket, menangani bagasi penumpang, menangani kargo pesawat, melakukan loading dan unloading pesawat, membantu penumpang dalam proses check in, boarding, dan disembarking, menyapa penumpang sebelum memasuki pesawat, adalah beberapa tugas sehari-hari seorang ground staff.
Untuk dapat menjadi seorang ground staff dibutuhkan pengetahuan dunia penerbangan, keahlian customer service dan complaint handling, penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris untuk perusahaan penerbangan, dan masih banyak lagi.
Semua keahlian dan pengetahuan mengenai ground staff ini, bisa Anda dapatkan di Program jurusan Pendidikan dan Pelatihan Ground Staff PAS.
Mata Pelajaran Ground Staff :
  1. UU Bandara & Aviation
  2. Aviation Knowledge
  3. Customer Service
  4. Passenger & Baggage Handling
  5. Ramp Handling
  6. Weight & Balance
  7. Cargo Handling
  8. Reservation
  9. Ticketing & Balance
  10. Communication Skill
  11. Dangerous Good
  12. Management Travel

Comments