Standar Gaji Pramugari Pramugara di Dunia Penerbangan

Sepeti apa sebenarnya standar gaji pramugari pramugara di dunia penerbangan? Jika Anda sedang mempertimbangkan karir sebagai pramugari (Flight Attendant), Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Berapa banyak gaji pramugari?”
Dalam era kenaikan biaya bahan bakar yang tinggi, tiket pesawat murah dan merger maskapai penerbangan, pertanyaan ini adalah tetap relevan seperti biasa. Sebagaimana airlines berjuang untuk tetap bertahan dan mencari efisiensi selama masa ekonomi sulit, gaji pramugari pramugara telah merasakan perubahan sebagaimana perusahaan penerbangan berusaha untuk memangkas beban di semua aspek bisnis mereka.
Terlepas dari masa ekonomi penuh tantangan bagi industri penerbangan, sebagian pramugari mendapatkan gaji yang kuat di kisaran Rp 168.000.000,00. Jika Anda mempertimbangkan karir di udara, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi standar gaji pramugari pramugara. Tidak seperti profesi lain, upah per jam untuk pramugari hanya satu bagian kecil dari keseluruhan daftar gaji.

Gaji Pokok

Seperti profesi lain, pramugari mendapatkan gaji yang lebih rendah pada awal karir mereka dan bekerja dengan cara mereka sampai mendapat kenaikan gaji yang lebih tinggi.

Check-in / Check-Out

Sebuah hal utama bagi kebanyakan pramugari adalah check-in / check-out. Meskipun maskapai penerbangan akan mengharapkan Anda untuk menjadi yang menjalankan tugas pramugari di pesawat dan siap untuk pengarahan keselamatan dan pelayanan, satu jam sebelum keberangkatan pesawat, Anda akan dibayar 15 menit sebelum penerbangan dan 15 menit pasca-penerbangan. Namun, beberapa maskapai penerbangan memperpanjang pembayaran untuk 30 menit setelah kedatangan penerbangan.

Tunjangan Harian (Per Diem)

Sebagian besar dari gaji pramugari pramugara adalah kompensasi untuk makan ketika bermalam di hotel atau ketika makanan tidak diberikan di pesawat. Hal ini sering disebut sebagai ‘per diem. “per Diem bervariasi tergantung pada lamanya tinggal atau’ singgah ‘di sebuah hotel. Misalnya, di dalam negeri singgah untuk 12 jam, pengeluaran Anda akan jauh lebih rendah dari pada singgah Internasional 24 jam atau lebih. Karena singgah di dalam negeri membutuhkan sarapan dan / atau makan siang dengan pengeluaran akan jauh lebih rendah untuk jenis penerbangan ini.
Singgah selama 24-jam di luar negeri dengan dua sarapan, satu makan siang dan makan malam biaya dikeluarkan lebih dari siklus terbang yang mencakup jumlah makan lebih sedikit.
Tergantung pada sistem maskapai penerbangan, nilai mata uang lokal juga berdampak terhadap per Diem. Ketika nilai tukar yang ada diperhitungkan, penerbangan ke negara dengan mata uang kuat lebih menguntungkan. Penerbangan internasional ke negara-negara dengan mata uang tinggi adalah pilihan yang lebih disukai pramugari yang ingin menambah pendapatan mereka.
Bonus lain? Di Kanada dan di Amerika Serikat, makan tunjangan umumnya bebas pajak sehingga bagian terbesar gaji pramugari ini adalah tetap dapat mereka simpan. Beberapa airline bervariasi dalam bagaimana diem per pramugari dibayarkan.

Senioritas

Untuk serikat pramugari, senioritas memainkan peran besar dalam menentukan akses ke rute premium. Karena senioritas dihitung dari tanggal kapan mulai bekerja, pramugari dipekerjakan pada tahun 1995, akan memiliki lebih banyak pilihan dalam hal jadwal terbang mereka daripada seorang pramugari dipekerjakan pada tahun 2008.
Dalam lingkungan berbasis senioritas, seorang pramugari junior memiliki akses kurang ke penerbangan berkualitas tinggi dan gaji besar yang dipegang oleh pramugari lebih senior. Sedangkan pramugari junior mungkin memiliki pilihan terbatas untuk terbang pada rute dengan upah yang lebih rendah, pramugari senior dapat memilih jadwal terbang dengan per diem yang lebih banyak.

Pesawat Badan Lebar vs Badan Sempit

Beberapa penerbangan juga memiliki perhitungan standar gaji pramugari pramugara yang berbeda tergantung pada ukuran pesawat. Hal ini terutama berlaku untuk Purser (juga dikenal sebagai manager awak kabin).
Sebuah Purser pada B777-200 yang biasanya dibayar lebih dari Purser pada Embraer 175 atau Airbus 319. Mengelola 14 awak kabin (cabin crew) vs awak satu atau dua menuntut lebih banyak tenaga dan sebagian airlines memberikan kompensasi purser mereka untuk pekerjaan tambahan yang mereka lakukan pada pesawat tersebut.

Gaji Pramugari Pramugara vs Gaji Purser

Banyak pramugari akhirnya menjadi Purser untuk meningkatkan gaji mereka dan untuk menerima tantangan dan tanggung jawab baru. pramugari junior hampir dapat melipatgandakan gaji mereka dengan menjadi Purser. Beberapa penerbangan memerlukan pramugari untuk memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun atau lebih untuk menjadi purser. Selain upah tersebut, Purser juga dibayar per Diem, uang bonus malam dan pendapatan lain yang pramugari akan berhak dapatkan.

Bahasa

Apakah Anda ‘parli italiano?’ Atau ‘sprechen sie deutsch? “Jika demikian Anda memiliki keuntungan yang pasti dalam industri penerbangan. Pramugari dipekerjakan untuk keterampilan bahasa mereka biasanya ditempatkan pada rute luar negeri yang menguntungkan untuk melakukan announcement bahasa dan berkomunikasi dengan penumpang dalam bahasa asli mereka.
Sampai pada tingkat, pramugari dipekerjakan untuk kemampuan bahasa mereka mampu mengalahkan sistem senioritas. Sebuah junior, Flight Attendant berbahasa Jepang memiliki kesempatan yang lebih baik untuk diberikan rute penerbangan ke Tokyo daripada seorang pramugari junior yang hanya menguasai satu bahasa.
Di antara pramugari berbahasa Jepang, yang dapat berbicara Jepang paling senior akan memiliki kesempatan pertama pada penerbangan Jepang.
Jika Anda mempertimbangkan karir di industri ini, terbayar untuk mengetahui bahasa lain. Beberapa maskapai penerbangan menawarkan uang bonus jika Anda dapat menunjukkan kefasihan.
Lakukan riset dan mengetahui tujuan kemana maskapai terbang ke dan belajar bahasa kedua atau ketiga. Semakin banyak bahasa yang Anda tahu, kemungkinan Anda lebih besar dipekerjakan dan gaji Anda lebih besar.

Penerbangan Jarak Jauh vs Jarak Pendek

Sebagai aturan, penerbangan jarak pendek yang cepat memiliki lebih sedikit uang saku atau biaya daripada jarak jauh. Pada satu hari, perjalanan kembali dari New York ke Kingston, Jamaika, jika makanan Anda diberikan di pesawat, Anda tidak akan berhak atas uang makan. Pramugari yang hemat telah belajar bagaimana untuk menyimpan uang tambahan dengan mengemas makan siang atau makan malam ketika berhak mendapatkan per diem.

Domestik vs Internasional

Bekerja untuk sebuah maskapai penerbangan domestik Indonesia vs maskapai penerbangan internasional juga akan berdampak upah dan kondisi lingkungan kerja. Perhitungan gaji di domestik lebih rendah dari gaji pramugari di maskapai penerbangan internasional. Tidak perlu dijelaskan kembali pramugari mungkin tidak terlalu jet-lag sebagaimana rekan mereka yang melakukan penerbangan ke luar negeri.

Shift ekstra / Drafting

Dalam bulan tertentu, pramugari biasanya akan bekerja antara 75 dan 85 jam hingga maksimal sekitar 100 jam. Faktor-faktor seperti cuaca, pramugari yang dipanggil sakit atau pramugari telah lebih dari batasan jam kerja maksimum bulanan mereka adalah di antara beberapa alasan mengapa maskapai penerbangan perlu pramugari untuk menutupi shift ekstra. Dikenal sebagai ‘drafting,’. Pada akhir bulan ketika sebagian pramugari sudah habis waktu pada jadwal mereka, lebih mudah untuk mengambil shift ekstra. Meskipun banyak pramugari junior memiliki pekerjaan kedua untuk memenuhi kebutuhan, selalu ada kesempatan untuk melakukan terbang ekstra terutama pada akhir bulan.

Liburan dan Manfaat

Diskon lebih untuk perjalanan udara, hotel, sewa mobil, dan penerbangan hanya beberapa keistimewaan yang dapat Anda harapkan dengan bekerja di maskapai penerbangan. Jika Anda menikmati banyak waktu off, pramugari bisa bekerja sesedikit satu, dua, atau tiga hari seminggu. Jika Anda ingin memampatkan jam kerja Anda, dengan bekerja enam atau tujuh hari berturut-turut Anda bisa mendapatkan lebih banyak waktu off kemudian dalam setiap bulan.
Jadwal kerja yang fleksibel dan sebagian pramugari menggunakan sistem penawaran komputerisasi untuk memilih hari libur mereka, rute disukai, uang saku disukai dan bahkan rekan yang mereka inginkan atau tidak ingin untuk bekerja bersama.
Untuk meletakkannya dalam perspektif, dibandingkan dengan tipikal kerja 40 jam seminggu, kebanyakan pramugari bekerja enam bulan dalam setahun! Menjadi pramugari menyisakan banyak waktu untuk kegiatan lain.

Lokasi, lokasi, lokasi

Pramugari bisa bolak-balik ke home base mereka. Jika Anda seorang Flight Attendant yang berbasis di Seattle, Anda dapat memilih untuk tinggal di New York, Los Angeles atau Vancouver dan menggunakan pass maskapai untuk terbang ke tempat kerja.
Banyak pramugari memanfaatkan fasilitas ini hidup di iklim hangat, untuk lebih dekat dengan keluarga mereka atau untuk mengambil keuntungan dari nilai perumahan yang lebih baik di kota-kota lain.

Baju Seragam Pramugari

Seragam pramugari dapat menjadi berkah. Selain mungkin memberi Anda perhatian kedua dari orang asing yang tampan, pramugari junior sudah pasti mengenakan busana seragam mereka akan menghemat bundel pada biaya pakaian.
Jika Anda ingin menjadi seorang pramugari, itu terbayar untuk melakukan penelitian dan memahami faktor-faktor yang akan mempengaruhi standar gaji pramugari pramugara di dunia penerbangan.

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan Seorang Staff Bandara